Seminar Sukses Finansial Dengan Reksa Dana – Medan

Bagi teman2 yang berlokasi di Medan, Panin Asset Management bekerja sama dengan Panin Sekuritas Medan menyelenggarakan Seminar Sukses Finansial Dengan Reksa Dana di Hotel Polonia.

Bagi yang tertarik dan belum mendaftar bisa langsung datang ke tempat atau menghubungi contact person dalam brosur di bawah ini. Mudah2an acara ini bisa menjadi diskusi yang menarik. Terima kasih.

Advertisements

9 thoughts on “Seminar Sukses Finansial Dengan Reksa Dana – Medan

  1. saya seorang pedagang yang berpenggasilan 100000 setiap hari dan saya ingin berinvestasi untuk beli rumah tetapi saya bingung investasi apa ya yg cocok untuk saya salam sukses.

    Like

  2. Salam pak Rudi,

    Pada seminar di Medan pak Rudi pernah mengatakan lebih senang dgn PD Prima di mana nilai NAB/UP nya lebih kecil. Kalo bole tau, pak Rudi sendiri investasi ke PD Maksima/Prima?
    Bukankah pada akhirnya kita selalu mengacu ke return yg paling besar jg?? Apa pertimbangan pak Rudi??
    Terima kasih

    Like

  3. @niko
    Salam Pagi Juga Niko,

    Saran saya, kamu bisa lebih fokus saat seminar diadakan supaya tidak salah dengar. Karena kalau saya membeli reksa dana karena NAB/Upnya lebih kecil sudah pasti tidak benar.

    Saya punya beberapa tujuan investasi, dan untuk memudahkan monitoring, masing2 tujuan investasi saya letakkan pada reksa dana yang berbeda. Sehingga saya punya Panin Dana Maksima untuk satu tujuan keuangan Panin Dana Prima untuk tujuan keuangan yang lain.

    Anda bisa baca2 di
    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2010/10/10/reksa-dana-mahal-reksa-dana-murah-1/
    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2011/04/18/reksa-dana-mahal-reksa-dana-murah-2/
    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2012/02/26/reksa-dana-mahal-reksa-dana-murah-3/

    Semoga bermanfaat.

    Like

  4. Terima kasih, pak Rudi atas masukannya..
    Mudah2an saya tidak lagi salah dengar, karena begitu selesai mendengar kata2 pak Rudi saya langsung berkonsultasi dgn agent Panin saya tentang hal itu, sedikit byk saya mencoba mencerna yg ada, ditambah masukan jg dari beliau. Tapi my point is, pak Rudi sudah menjadi semacam ‘acuan’ bagi saya di dalam berinvestasi terutama reksa dana, dan sementara ini saya hanya mengandalkan PD maksima. Melihat NAB/Up nilainya sudah sangat besar memang, namun melihat potensi return dlm jangka panjang saya masih menaruh harapan ini masih yang terbaik. Saya sempat disarankan untuk diversifikasi jg ke PD Prima, tapi saya melihat dgn harapan return yg juga katakanlah hampir sama, dan sama2 RD saham pula, diversifikasi nantinya malah menjadikan tujuan utama kurang berhasil. Semoga saya dikoreksi jika salah. Ada masukan dari pak Rudi? Berkaitan dgn masa2 sekarang di mana nilai NAB/Up yg masih turun terus, apakah dari kiat2 ato strategi khusus menghadapi ini? Atokah hanya ‘jangan panik’, tetap investasi untuk jangka panjang saja??
    Terima kasih pak Rudi atas semua masukannya. Sukses terus buat pak Rudi.

    Like

  5. Satu lagi pak Rudi (mudah2an tidak kesal sama saya), seandainya bapak diminta untuk memilih satu saja dari antara PD maksima dan prima untuk pak Rudi sendiri, bapak memilih yg mana??
    Terima kasih pak Rudi.

    Like

  6. @niko
    Pada saat itu, memang saya menyebutkan kalau di survey, anak2 muda di kantor lebih menyukai Panin Dana Prima karena karakternya yang lebih agresif, terlihat dari fluktasi harian harga reksa dana. Hal ini dikarenakan Panin Dana Prima mengkombinasikan gaya value investing dan growth investing meskipun bobot value masih dominan dibandingkan Panin Dana Maksima yang lebih fokus pada value investing.

    Kalau saya sendiri, karena tujuan jangka panjang saya cukup banyak dari Rumah, Pendidikan Anak, Pensiun, dan lain2, maka untuk memudahkan monitoring, saya menggunakan satu reksa dana satu tujuan. Jadi pada dasarnya saya punya Panin Dana Maksima dan Panin Dana Prima. Karena saya tidak dalam situasi harus memilih satu saja, maka saya tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan anda. Tinggal anda lebih senang dengan gaya investasi Maksima atau Prima.

    Menurut saya investasi itu memang harus fokus, makanya saya menggunakan satu reksa dana satu tujuan investasi. Untuk menghindari hal tidak diinginkan seperti panik, terpaksa cut loss, maka sebelum berinvestasi harus dalam kondisi yang sehat secara keuangan seperti ada dana darurat dan pengeluaran bulanan yang terencana dengan baik.

    Saya sudah pernah mengalami masa dimana terpaksa harus cutloss karena ada kebutuhan dana sementara seluruh uang saya dibenamkan di reksa dana. Jadi Jangan Panik dan Jangka Panjang juga hanya bisa tercapai kalau secara keuangan anda sehat.

    Semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s