Pensiun Pak Prayudi

Sehubungan dengan pertanyaan anda

pak rudi, umur saya saat ini 25 tahun, masih bekerja dan merencanakan pensiun di usia 45 tahun. untuk biaya setelah pensiun saya rasa 6 juta cukup. apa reksadana yang sebaiknya saya pilih?

Adalah sebagai berikut:

Perhitungan Kebutuhan Pensiun


Untuk jenis reksa dana, setelah mengklik tombol Cari Produk Reksa Dana, akan muncul

1. Disclaimer

2. Pertanyaan profil Risiko

Bentuknya kurang lebih seperti ini

Total ada 10 pertanyaan,  nah untuk bagian ini bapak Prayudi harus mengisi sendiri karena saya khawatir saya tidak memahami sepenuhnya profil risiko anda.

Jika sudah selesai, berdasarkan profil risiko, target return, kinerja reksa dana dan dengan menggunakan teori utilitas risiko, akan dilakukan pencocokan untuk mencari reksa dana yang dirasakan cocok bagi anda. Saya memasukkan secara acak dan hasilnya adalah demikian:

Untuk menghindari misleading information, nama reksa dana sengaja saya samarkan karena memang data profil risiko tidak diinput sesuai kondisi bapak. Saya khawatir nantinya tidak sesuai dengan profil risiko anda.

Nah, dengan demikian setengah dari perencanaan yang anda inginkan sudah selesai. Selanjutnya adalah tahapan yang paling sulit yaitu monitoring dan investasi. Anda bisa menghubungi saya lagi jika anda sudah melakukannya dan menemui kesulitan.

Atas perhatiannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

 

Penyebutan produk investasi di atas (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Penentuan Reksa Dana Pilihan menggunakan teori utilitas risiko, profil risiko berdasrkan kuesioner dan data riil kinerja reksa dana yang diambil dari myplan.infovesta.com.

Advertisements

4 thoughts on “Pensiun Pak Prayudi

  1. Dear Bp. Rudi,

    Usia saya saat ini 38 tahun dan sedang menimbang untuk berinvestasi di reksadana. Rencana saya saat ini akan pensiun di usia 60 tahun. Mohon saran Bapak mengenai pemilihan instrumen reksadana dan produknya. Terima kasih dan salam – Yudhie

    Like

  2. @Yudhistira Hermansyah
    Salam Pak Yudhistira,

    Mengenai rencana pensiun di usia 60 anda bisa membaca artikel ini http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2014/03/28/panduan-mempersiapkan-pensiun-dengan-reksa-dana/

    Asumsi yang digunakan adalah pensiun di usia 55, apabila anda menggunakan 60 tahun maka anda bisa menggunakan asumsi usia mulai pensiun 35 tahun pada tabel yang tersedia.

    Untuk pemilihan jenis reksa dananya bisa membaca https://reksadanauntukpemula.com/2016/01/17/memilih-reksa-dana-sesuai-tujuan-investasi/

    Apabila anda ingin mendapatkan informasi lebih detail, saran saya anda bisa menghubungi agen penjual reksa dana. Apabila anda tertarik dengan reksa dana Panin AM, bisa menghubungi via email di cs@panin-am.co.id atau via WhatApps di 0818 06990622 atau 0818 06990633

    Semoga bermanfaat dan semoga tujuan anda tercapai.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s