Rencana Ibu Dessy

Yth Pak Rudi,
Saya wanita usia 31 thn, single, berencana untuk investasi RD utk dana pensiun. Saya berencana untuk pensiun pada umur 50. Saya berencana memiliki kualitas hidup setara 6 juta/bulan saat ini. Mohon bantuan bapak untuk memberi saran reksa dana apa yg sebaiknya saya ambil dan nominalnya berapa. Terimakasih Pak Rudy.

Yth Ibu Dessy,

Berikut ini adalah mungkin sedikit masukan untuk anda, dimana dalam proses ini saya juga dibantu oleh rekan saya yaitu bapak Edbert A. Suryajaya.

Hasil simulasi terhadap kondisi anda adalah sebagai berikut:

Namun menurut pendapat kami, pensiun pada usia 50 adalah terlalu dini. Pensiun  dini tidak selalu berdampak baik bagi seseorang apabila tidak dipersiapkan dengan baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Persiapkan pensiun anda dengan baik. Definisi pensiun yang kita maksud disini bukanlah “Berhenti Kerja” namun memiliki waktu dan kemampuan finansial untuk melakukan apa yang ingin kita lakukan tanpa perlu tergantung kepada orang lain.
2. Dari simulasi di atas, antara jumlah uang yang anda butuhkan dengan jumlah anda yang harus diinvestasikan itu pada dasarnya tidak terlalu berbeda. Hal ini disebabkan karena waktu untuk mempersiapkan pensiun relatif pendek.
Oleh karena itu anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk pensiun di usia 55 tahun yang mana merupakan usia yang umum untuk pensiun. Bahkan tidak jarang  seseorang memutuskan untuk menunda pensiun, bukan karena membutuhkan uang lebih banyak dari pekerjaannya, melainkan semata-mata karena merasa bosan tidak ada hal-hal yang akan dilakukan setelah pensiun. Dengan pensiun usia 55 tahun, maka perkiraan dana yang harus disiapkan adalah 2,5 juta per bulan. Untuk jenis reksa dana anda bisa menggunakan fitur cari produk yang terdapat pada MyPlan Infovesta karena mengkombinasikan faktor profil risiko anda.
Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya saya mengucapkan banyak terima kasih.
Advertisements

5 thoughts on “Rencana Ibu Dessy

  1. Yth Tn Rudi
    Saya wanita 26 thn,tertarik untuk membeli RD..Namun, msh bingung dg RD mn yg tepat,apakah dg RD tsb dpt menjadi investasi saya dikemudian hari….

    Like

  2. @ria
    Salam Ria,

    Tidak ada reksa dana yang tepat, yang ada hanya reksa dana yang bisa mencapai tujuan investasi. Dan belum tentu reksa dana yang bisa mencapai tujuan tersebut sama setiap waktunya, tergantung kinerja dan strategi yang anda terapkan. Untuk itu, anda bisa coba baca beberapa artikel sebagai berikut:
    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/arsip-artikel/2010/11/04/sehat-dulu-investasi-kemudian/
    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2011/11/26/strategi-investasi-dynamic-averaging-and-cost-rebalancing/
    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/arsip-artikel/2011/01/04/429/

    Semoga bermanfaat

    Like

  3. Tq bgt pak rudy ,,, 😀
    Sy bbrp menit yg lalu br tau n bljr ttg “financial”, meski sdh nikah 9 th, maklum pak sy tggl di desa dan br bisa belajar saat ini. Tp tdk mslh krn beruntung sy menemukan blog/web bpk shgga bs bljr meski otodidak brsm komen2 yg mencerahkan soal financial.
    Sy sgt mau berinvestasi sperti rekan2 yg sdh mulai, tp sprti yg Pak Rudy sarankan bhw “Sehat dulu-Investasi kemudian” ini yg sy lakukan pertama kali. Sekali lg terima kasih atas ilmunya.
    Salam dari kota Sate-Blora
    @santosoblora (sy sdh follow twitter pak Rudy utk update ilmunay-mhn maaf br ijin stlh follow)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s