Panin Dana Ultima > 500 M dan > 6400 Nasabah 3 Bulan Sejak Peluncuran

IMG_4161.JPG

Advertisements

12 thoughts on “Panin Dana Ultima > 500 M dan > 6400 Nasabah 3 Bulan Sejak Peluncuran

  1. Selamat siang Pak Rudiyanto. Sukses selalu untuk produk Panin Dana Ultima 🙂

    Saya ingin sedikit bertanya out of topic dari judul diatas. Mengapa kinerja Panin Dana Prima masih dibawah Panin Dana Unggulan dan Panin Dana Bersama dari segi return sejak awal peluncuran dan tipe reksadana (Panin Dana Prima : Saham) sedangkan Panin Dana Unggulan dan Panin Dana Bersama (Campuran)??

    Lalu apakah NAB Panin Dana Ultima akan “menyusul’ NAB dari Panin Dana Prima dimasa yang akan datang dalam periode yang sama??

    Mohon penjelasannya. Terima kasih

    Like

  2. @Ryan
    Malam Pak Ryan,

    Kalau dari sisi return sejak awal peluncuran perlu diluruskan bahwa ketiga reksa dana tersebut tidak terbit pada hari yang sama. Otomatis, reksa dana yang terbit lebih lama otomatis memiliki kemungkinan untuk memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan reksa dana yang terbit belakangan. Panin Dana Ultima terbit 2014, Panin Dana Prima 2007 dan Panin Dana Unggulan dari 2005. Sudah pasti harganya akan berbeda pula.

    Kemudian, ada juga kemungkinan jika reksa dananya berbentuk campuran, dalam jangka panjang bisa kalah returnnya dibandingkan reksa dana saham namun keunggulannya adalah tingkat risikonya yang lebih moderat. Dalam bahasa kamu NAB/Upnya menyusul.

    Mengenai apakah Panin Dana Ultima akan menyusul Panin Dana Prima itu pertanyaan yang tidak ada jawabannya karena kinerja masa lalu tidak menjadi jaminan akan terulang di masa mendatang. Terkadang faktor kinerja juga tergantung pada kondisi pasar. Jika pada saat diterbitkan pasar saham sedang bullish, maka otomatis harganya akan naik tinggi dalam waktu singkat. Sementara jika reksa dana yang “apes” karena terbit waktu pasar sedang bearish, belum tentu dalam waktu lama kinerjanya bisa lebih baik. Hal ini bukan lantaran karena strateginya kalah, tapi lebih karena kondisi pasar yang tidak mendukung.

    Yang benar adalah anda membandingkan kinerja reksa dana dalam periode yang sama. Sebagai contoh http://www.panin-am.co.id/FundsAndPerformance.aspx
    dengan menggunakan NAB/Up per 24 September, return 1 bulan dari Panin Dana Prima, Panin Dana Ultima dan Panin Dana Unggulan adalah masing-masing -0.63%, +0.12% dan 1.62%.

    Dengan menggunakan angka tersebut bisa dikatakan bahwa Panin Dana Unggulan adalah yang terbaik dalam periode 1 bulan. Namun jika periode yang dilihat lain, hasilnya bisa lain juga. Dan terkadang ada waktu dimana kinerja saham baik dan ada waktu dimana kinerja obligasi yang lebih baik.

    Semoga menjawab pertanyaan anda. Terima kasih

    Like

  3. Wah mantabs.. tidak sampai setahun bisa masuk T-Club nih pak. Semoga saja tujuan finansial saya menggunakan PDUL ini tercapai. Btw, sesekali analisa RD Campuran Pak, jangka waktu terbaiknya berapa tahun. Thanks Pak Rudi 🙂

    Like

  4. selamat siang pak Rudiyanto,

    wah hebat pak dengan kinerja dana panin reksadana, semoga terus berjaya.

    saya mau tanya mengenai dan karakteristik kinerja equity fund , apakah pembelian berkala dengan nominal yang kecil 100 ribu misalnya, secara berkala dalam jangka waktu satu tahun, apakah dengan nominal segitu kinerja unit, tidak mengalami risiko minus / bulannya, dikarenakan guncangan harga, apakah masih aman2 saja. ?

    Apabila terkena risiko guncangan harga, mungkin sebaiknya ditempatkan di cash fund dulu, dan berapa minimal nominal yang ideal, agar tidak terkena risiko minus di fluktuasi harga di equity fund ? tks.

    Like

  5. @Hara
    Malam Pak Hara,

    Apabila berinvestasi pada reksa dana saham, maka harus siap dengan risiko. Apabila tidak siap, ya tidak perlu berinvestasi. Karena memang investasi di reksa dana saham tidak untuk orang yang tidak siap akan risiko.

    Tidak mungkin ada nominal yang ideal agar tidak terhindar dari risiko, yang ada adalah lama waktu yang ideal. Saran saya anda bisa baca
    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2012/05/07/seni-menyusun-tujuan-investasi-dengan-prinsip-smart/ , http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2014/01/26/berapa-lama-periode-investasi-berkala-yang-ideal/
    dan
    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2014/02/20/berapa-asumsi-return-investasi-saham-yang-wajar/

    Semoga bermanfaat.

    Like

  6. Pak Rudy,

    Saya tertarik dengan Panin dana ultima,dimana bisa saya dapatkan dengan fee yang minimal,dan berapa minimal pembelian yang optimalnya pak.Terima kasih

    Like

  7. @hadi
    Salam Pak Hadi,

    Anda bisa mendapatkan diskon fee hingga 50% dengan cara melakukan transaksi autodebet. Jika pembelian normal 2%, maka dengan autodebet biaya menjadi 1% saja. Nominal investasi autodebet dimulai dari Rp 250.000.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada Panin Asset Management. Dan semoga tujuan investasi anda bisa tercapai dengan reksa dana tersebut.

    Like

  8. Pak Rudy,

    Terima kasih infonya,apabila saya membeli lewat IPOD dan lsg ke bank yang menjual reksadana apa perbedaan dan untung ruginya pak.dan bila bank ,bank mana saja yang menjual panin dana ultima saat ini pak.

    Like

  9. @hadi
    Salam Pak Hadi,

    Saat ini Panin Dana Ultima hanya dijual di Panin Asset Management dan Panin Sekuritas. Produk ini tidak dijual di agen penjual atau bank seperti Ipotfund. Kalau soal agen penjual mana yang lebih bagus, menurut saya ini adalah masalah Experience dan Selera. Jadi saran saya anda bisa mencoba satu persatu untuk mengetahui mana yang lebih bagus.

    Untuk cabang Panin Asset Management di Jakarta dan Surabaya bisa di http://www.panin-am.co.id/ContactUs.aspx
    Untuk Agen Penjual Panin Sekuritas bisa di http://pans.co.id/?page=Hubungi_Kami

    Terima kasih

    Like

  10. @Noni
    Salam Ibu Noni,

    Untuk saat ini memang belum ada cabang di Makassar, tapi anda bisa melakukan proses pengisian formulir secara online. Caranya anda masuk ke situs http://www.panin-am.co.id/CustomerRegistrationIntro.aspx

    Lengkapi seluruh data anda dan selanjutnya kirim ke alamat di bawah. Bisa juga via email, selanjutnya customer service akan membantu proses pembukaan rekening anda.

    PT. Panin Asset Management
    Stock Exchange Building
    Tower I Lt. 3 Suite 306
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190
    Tel : (62-21) 296-54-222 (direct Customer Service)
    (62-21) 296-54-200 (Hunting)
    Fax : (62-21) 515-0601
    (62-21) 515-0187
    Email : cs@panin-am.co.id

    Semoga bermanfaat, terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s