Seminar : Merencanakan Pendidikan Anak – Semarang

Seminar Pendidikan Semarang

Seminar Merencanakan Pendidikan Anak – Semarang

Tanggal  : Sabtu, 22 Agustus 2015
Waktu    : Jam 14.00 – Selesai
Tempat  : Grand Edge Hotel, Lantai 3
Biaya      : Rp 150.000

Free Investasi Reksa Dana Panin Asset Management senilai Rp 100.000 dan kesempatan mendapatkan Doorprize Menarik

Materi yang akan dibahas antara lain :

  • Studi kasus : Hubungan antara tingkat pendidikan dan prestasi akademik dengan pendapatan dan kewirausahaan
  • Mengapa biaya pendidikan harus disiapkan sejak dini ?
  • Merencanakan biaya pendidikan, unit link atau reksa dana ?
  • Apakah ada reksa dana dengan manfaat tambahan asuransi ?
  • Bagaimana cara membuat perencanaan pendidikan secara komprehensif ?

Informasi dan pendaftaran bisa menghubungi : Wiwien / Denny 021 850 2300 dan  0878 3114 8808

Advertisements

5 thoughts on “Seminar : Merencanakan Pendidikan Anak – Semarang

  1. @difa antono
    Selamat Siang Pak Difa,

    Saat ini Panin Asset Management Cabang Surabaya sedang mengadakan pameran dalam Festival Investasi yang diselenggarakan oleh Universitas Petra.
    Setahu saya, ada kegiatan seminar di mal Grand City.
    Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi

    Surabaya Branch
    Graha Bumi Surabaya Lt.3
    Jl. Basuki Rakhmat 106 – 128
    Surabaya 60271
    Telp : (62-31) 531-5488
    Fax : (62-31) 531-6488
    Email : surabaya@panin-am.co.id

    Terima kasih

    Like

  2. Salam kenal p. Rudy,

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas tulisan-tulisan bapak yang sangat membantu untuk pemula yang sedang belajar investasi seperti saya. Langsung saja saya ingin menanyakan, sehubungan dengan merencanakan dana pendidikan anak maupun dana pensiun dengan reksa dana saham, apakah menurut bapak reksadana ini masih akan ada dalam 20-30 mendatang? Mengingat kedua hal tersebut adalah proses jangka panjang (belasan/ puluhan tahun). Memang saya lihat ada beberapa reksadana yang saat ini usianya hampir 20 tahun, tetapi melihat perkembangan jaman dan kondisi pasar yang sangat dinamis, ada kekuatiran pada saat saya pensiun nanti reksadana sudah berubah menjadi produk lain atau malah tinggal nama, kacau dong pensiun yang sudah direncanakan jauh-jauh sebelumnya 🙂 Demikian pak, maaf kalau terdengar konyol tapi ini kekuatiran saya, thanks a lot in advance.

    Like

  3. @ary
    Salam Pak Ary,

    Pertanyaannya sama sekali tidak konyol pak, bahkan sangat masuk akal. Sebab jika kita berinvestasi dalam jangka panjang, tentu harus dipastikan pula bahwa perusahaan tempat kita berinvestasi masih akan eksis untuk periode yang panjang tersebut.

    Hal itu jugalah yang membuat para Manajer Investasi dalam company profil atau presentasi perusahaannya kebanyakan selalu menunjukkan sejak kapan perusahaan tersebut sudah beroperasi dan jaringannya, terutama para Manajer investasi asing. Umumnya perusahaan induk dari Manajer Investasi asing tersebut sudah memiliki masa operasi hingga ratusan tahun sehingga bisnisnya sudah lintas generasi.

    Memang tidak ada jaminan bahwa perusahaan yang sudah ratusan tahun akan bertahun ratusan tahun ke depan. Sama juga seperti reksa dana yang kinerjanya bagus akan bertahan tetap bagus ke depan. Tapi setidaknya pengalaman yang sudah berusia lama tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan investor. Bagaimana perusahaan tersebut bisa bertahan dalam berbagai krisis dan perkembangan perusahaan tersebut juga menjadi pertimbangan.

    Cara untuk mengukurnya bisa macam2. Anda bisa membaca situs perusahaan untuk melihat historisnya, bisa melihat kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan dan konsistensinya, atau bisa juga mengukur dari tenaga pemasar yang sudah menangani anda.

    Misalkan tenaga pemasar yang menangani anda 5 tahun yang lalu dan sekarang masih tidak meningkat kesejahteraannya berarti bisa jadi ada masalah. Kemungkinannya hanya ada 2, dia tidak perform sehingga kesejahteraannya ya juga biasa-biasa saja atau perusahaannya yang tidak perform sehingga meskipun tetap eksis tapi tidak bisa memberikan kesejahteraan yang lebih baik untuk karyawannya.

    Pada akhirnya bisnis reksa dana adalah bisnis kepercayaan dan saling menguntungkan. Investor percaya bahwa manajer investasi akan melakukan yang terbaik, maka dia akan menempatkan dananya. Dan semakin investor untung, maka dana yang ditempatkan semakin besar berarti keuntungan dari manajer investasi dari fee juga semakin besar. Pada akhirnya dia akan eksis untuk jangka yang sangat panjang sehingga kemungkinan tutup atau ganti produk semakin kecil.

    Demikian, semoga menjawab pertanyaan anda. Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s