Buku Reksa Dana Terbaru : Fit.Focus.Finish

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan bahwa buku saya yang kedua sudah terbit.

Cover Fit Focus Finish

Jika pada buku Sukses Finansial Dengan Reksa Dana membahas segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang investor reksa dana, maka buku Fit Focus Finish ini membantu investor agar mencapai tujuan keuangan melalui investasi di reksa dana. Sebab, Menjadi Investor Reksa Dana dan Menjadi Investor Reksa Dana yang sukses adalah 2 hal yang berbeda.

Buku ini adalah kumpulan dari pengalaman saya baik sebagai investor reksa dana secara perorangan ataupun mewakili investor institusi yang berinvestasi pada reksa dana, sebagai analis pada perusahaan riset yang meneliti reksa dana dan sebagai Business Development pada perusahaan yang mengelola reksa dana. Besar harapan saya, buku ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap investasi reksa dana.

Fit Focus Finish Bagian Belakang

 

Berbeda dengan buku pertama yang terdapat edisi Hardcover dan Softcover, buku kedua ini hanya ada versi softcover saja. Saat ini buku Fit.Focus.Finish telah dapat diperoleh di seluruh toko buku Gramedia. Harga jual di toko buku adalah Rp 99.800.

Bagi yang ingin membeli lewat saya seperti buku pertama juga bisa. Pembelian via saya langsung, selain mendapat buku juga akan mendapat program Fit Focus Finish keuangan yang dibuat menggunakan Microsoft Excel. Program ini tidak ada jika anda membeli melalui toko buku.

Sebagai gambaran, program Fit Focus Finish terdapat 2 fitur sebagai berikut:

1. Mengukur apakah ada cukup sehat secara keuangan (Fit) untuk berinvestasi di reksa dana.

Pengukuran mencakup mulai dari rasio keuangan hingga apakah anda sudah memiliki uang pertanggungan asuransi yang cukup atau tidak berdasarkan profil pendapatan dan pengeluaran anda. Berikut gambaran program tersebut

Screen Shot 2015-02-07 at 2.58.25 AM

Hasil analisa akan berubah dengan sendiri sesuai angka yang anda masukkan. Pada setiap kolom juga sudah saya isi dengan comment sehingga pengguna tidak perlu bingung dengan cara pengisiannya. Apabila masih kurang jelas, bisa juga bertanya melalui blog ini.

2. Membuat Rencana Keuangan yang Komplit mulai dari Kebutuhan Investasi hingga Evaluasi.

Dengan adanya fitur di atas, investor bisa mendapatkan program dengan manfaat antara lain

  • Menghitung nilai kebutuhan dana di masa depan
  • Mendapatkan rekomendasi jenis reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan tersebut
  • Menghitung kebutuhan investasi baik secara sekaligus ataupun bulanan dengan asumsi return yang diberikan ataupun memasukkan asumsi return sendiri apabila anda merasa tidak sesuai
  • Melakukan perbandingan Rencana vs Aktual sehingga bisa mengetahui apakah nilai saat ini investasi telah mencapai target atau tidak. Perbandingan tersebut bisa digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk melakukan profit taking, penambahan investasi atau pengalihan ke reksa dana lain.

Screen Shot 2015-02-07 at 2.58.54 AM

 

Tertarik? Jika ingin membeli langsung lewat saya bisa ke link Pesan Buku Fit Focus Finish.

Terima kasih

Advertisements

29 thoughts on “Buku Reksa Dana Terbaru : Fit.Focus.Finish

  1. Pak rudi,
    Saya kurang sepakat dengan quote “anda tidak sehat secara keuangan, perbaiki dulu baru investasi” bukannya lebih baik sudah mengalokasikan investasi sejak awal karena jika tidak begitu untuk mencapai goal yang sudah ditetapkan akan sulit tercapai
    Salam,

    Like

  2. @konoha leaf
    Siang,

    Tidak ada masalah apabila anda tidak sepakat karena saya menghargai kebebasan untuk berpendapat dan berekspresi.

    Menurut saya, mungkin anda akan sepakat dengan saya apabila pernah mengalami salah satu kejadian seperti
    1. Butuh dana untuk pengobatan karena ada keluarga yang masuk rumah sakit
    2. Tidak ada dana darurat sama sekali karena seluruh uang diinvestasikan pada reksa dana saham
    3. Hasil investasi anda dari pertama kali sampai kejadian tersebut ternyata belum menguntungkan sementara anda tidak punya uang untuk membayar kebutuhan tersebut sehingga terpaksa melakukan redemption meskipun keuntungannya kecil atau bahkan cut loss.

    Sama halnya anda tidak sepakat dengan quote dalam program excel di atas, saya juga tidak sepakat dengan penggunaan nama tidak sebenarnya dalam memberikan komentar karena merupakan bentuk tidak menghargai lawan bicara dengan menyembunyikan nama asli kita meskipun diskusi hanya dilakukan melalui forum dunia maya.

    Terima kasih.

    Like

  3. @ wulan
    Buku Fit Focus Finish ini bisa di pesan berbarengan dengan buku Sukses Finansial dgn RD.

    Saya tunggu info pembelian dari Ibu.

    Terima Kasih

    Like

  4. Dear Pak Rudiyanto,

    Terima kasih atas kiriman bukunya (walaupun agak basah hehehe). Saya sudah membeli buku kedua Pak Rudi dan menjadi pembeli pertama buku Fit. Focus. Finish ini. Akhirnya hasil karya Pak Rudi menjadi salah satu dari perbendaharaan buku di Indonesia yang beredar mengenai reksadana yang jumlahnya masih sedikit. Sumbangsih besar bagi pengetahuan industri reksadana dari Pak Rudiyanto.

    Saya tunggu karya dari Pak Rudi selanjutnya. Sukses untuk buku keduanya Pak.

    Like

  5. Pak Rudiyanto / Ibu Vonny

    Mohon diconfirm email saya untuk pembelian 2 buku kemarin.
    Maaf sebelumnya, karena jaringan internet error, jadinya email terkirim beberapa kali.

    Like

  6. @helen june
    Mohon maaf, maksud saya foto halaman kosong yang ibu maksud.
    Kemudian lengkap juga dengan informasi, di toko buku mana buku tersebut dibeli supaya kami bisa mengajukan komplain secara resmi ke percetakan.

    Terima kasih

    Like

  7. Hai pak.. pertama-tama trimakasi konfirmasi pengiriman bukunya oleh Bu Vonny, can’t wait to read them.. dann trimakasih yaaa for sharing all those financial planning terutama reksadana stuff di blog.

    Saya sering liat di blog bapak kalo ada acara, pembicaranya punya sertifikasi CFP, mungkin bapak juga malah ya.. saya tertarik sekali untuk mengikuti sertifikasi CFP karena tampaknya dengan mengikuti review dan sertifikasi CFP saya jadi dapat lebih mengerti dan mendalami dunia financial planning ini sehingga dapat berdampak positif dalam perencanaan keuangan keluarga.

    Pertanyaannya saya,
    1. Apakah mengikuti CFP ini relevan untuk saya yang profilnya adalah ibu-ibu yang saat ini bekerja di bidang asset management sebuah institusi yang masih konservatif dalam penggunaan instrumen keuangan (dan saya tidak memiliki rencana untuk berhenti dari pekerjaan saya tersebut)? Apakah pekerjaan sebagai financial planner dapat dilakukan secara sambilan? Apakah memiliki sertifikasi CFP dapat memberi kemudahan untuk berjumpa dengan klien baru (kalau CFP mungkin jadi listing dimana gitu, ya kali hehe)?

    2. Kalau tidak relevan, adakah cara lain untuk dapat menambah pengetahuan
    dunia perencanaan keuangan untuk keluarga?

    Intinya sih, saya ingin memperdalam kemampuan untuk perencanaan keuangan untuk keluarga, sukur-sukur bisa memberi manfaat untuk manusia lainnya melalui jasa perencana keuangan

    thanksss ya pakkk

    Like

  8. Selamat akhir pekan pak rudiyanto, semoga akhir pekannya menyenangkan
    saya ingin memesan kedua buku bapak yaitu buku sukses finansial dengan reksadana (hardcover) dan fit.focus.finish ke daerah denpasar pak, brapa harus saya transfer pak ?

    terimakasih

    Like

  9. @ari
    Malam Ibu Ari,

    Sehubungan dengan pertanyaan anda:
    1. Pelajaran CFP menurut saya bermanfaat dalam perencanaan keuangan untuk keluarga. Sebab pelajaran keuangan di universitas berfokus tentang perencanaan keuangan untuk perusahaan. Sekalipun anda S-3 Manajemen Keuangan, hal ini tidak menjadikan anda ahli dalam pengaturan keuangan keluarga karena memang tidak dibahas sama sekali.

    Kalau dalam konteks pekerjaan sambilan dengan adanya gelar CFP, berarti kamu berbicara pekerjaan sebagai Perencana Keuangan. Di Indonesia, jenis pekerjaan ini masih jarang. Jika kamu berharap orang akan membayar kamu atas “nasihat keuangan”, menurut saya masih agak sulit. Sebab di negara yang maju sekalipun, membayar jasa untuk “nasihat keuangan” itu sangat tidak umum. Pada akhirnya skema yang lebih umum adalah para perencana keuangan mendapatkan penghasilannya melalui skema profit sharing. Ada juga yang menjadi agen penjual dari berbagai produk keuangan dan mendapatkan persentase biaya dari nilai penjualan tersebut.

    Mendapatkan skema dari profit sharing itu juga jualannya susah. Sebab bagaimana jika loss? apakah si Perencana Keuangan ikut menanggung? Kalau menjual produk, memang itu lebih mudah. Namun karena perorangan yang menjual produk keuangan masih jarang, umumnya gelar CFP banyak dimiliki oleh agen asuransi. Belakangan marketing reksa dana dan bank juga mengambil pendidikan tersebut untuk memudahkan penjualannya. Namun hal ini berarti selain memperoleh CFP anda juga harus bekerja menjadi agen produk keuangan. Sebagian dari itu tidak bisa part time. Mungkin yang asuransi bisa.

    Di Indonesia, beberapa CFP cukup sukses yang saya kenal mendapatkan income dari honor pembicara. Namun untuk sampai di level tersebut, tentu tidak bisa dilakukan secara sambilan. Memang kalau mau menghasilkan, ya mesti dikerjakan dengan serius.

    2. Jika konteksnya adalah anda ingin memperdalam ilmu perencana keuangan, maka saran saya adalah menerapkan ilmu2 yang anda pelajari ketika mengambil CFP tersebut. Catat dan bagikan pengalaman tersebut dalam blog, social media, atau sumber lainnya. Sebab implementasi adalah bagian yang paling sulit. Jika anda berhasil menginspirasi orang lain melakukannya maka akan sangat baik. Siapa tahu anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari situ.

    Semoga bermanfaat.

    Like

  10. P. Rudiyanto,
    Baru saja saya beli bukunya di gramedia, semoga semoga bisa menjadi panduan bagi saya untk investasi di reksadana, saat ini sudh punya reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap beli di ipotfund, rencananya mau beli Dana syariah, apakah di semua cabang bank panin di surabaya menjual reksadana panin,
    Terimakasih.

    Like

  11. @purwa
    Selamat Pagi Pak Purwa,

    Untuk membeli reksa dana Panin Asset Management di Surabaya anda bisa menghubungi :
    Surabaya Branch

    Graha Bumi Surabaya Lt.3
    Jl. Basuki Rakhmat 106 – 128
    Surabaya 60271
    Telp : (62-31) 531-5488
    Fax : (62-31) 531-6488
    Email : surabaya@panin-am.co.id

    Semoga bermanfaat.

    Like

  12. Dear Pak Rudi,

    Saya senang sekali akhirnya Bapak ke Bali! (saya sudah beli tiket seminar hari Sabtu ini dan mengajak beberapa teman saya). Di 2016 ini memang goal saya pribadi utk “keuangan sehat”, dan waktu itu pas banget saya lagi mikir, Pak Rudi ke Bali nggak ya tahun ini? ternyata pas cek twitter, Bapak akan ada seminar di Denpasar… Mungkin rencana Tuhan, hehehe ). Loh kok jadi curhat.. maap.

    Apakah nanti dijual buku-buku Bapak lengkap dgn bonus kalkulator investasi dll ? Saya rencana mau beli 2 buku Bapak.

    Terima kasih sebelumnya.

    Like

  13. Dear Pak Rudi,

    Barusan saya sudah transfer dan email ke bu Vonny ya. Pak nanti di TTD yah bukunya. Sy pesan Fit Focus Finish dan Sukses Finansial dengan Reksadana. Safe floght pak, sampai berjumpa di Bali.

    Salam

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s