Info Program CSR Panin AM Melawan COVID-19 #BerbagiKebaikan

Pandemi COVID-19 menjadi bencana bagi banyak negara. Berbeda dengan krisis yang selama ini mungkin hanya muncul di koran, situs berita dan perdebatan di sosial media, dampak dari COVID-19 benar-benar dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

Mulai dari kaum “berada” hingga masyarakat kecil biasa, dari kota besar hingga pelosok desa merasakan dampaknya. Tidak bisa beraktivitas secara normal, wajib memakai masker, harus sering cuci tangan, hingga butuh surat izin untuk sekedar keluar masuk dari daerah yang menetapkan PSBB.

Bagi yang punya tabungan atau bidang usahanya kebetulan diuntungkan dari situasi ini, mungkin masih bisa bertahan. Tapi bagi yang tidak, tentu untuk menjalani kehidupan sehari-hari menjadi tantangan besar.

Bersama kolega di kantor, kami mencoba mencari apakah ada sesuatu yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk membantu situasi ini. Setelah brainstorming dan kerja lintas divisi mulai dari divisi Investasi, IT, Business Development, Customer Service, Marketing, Operation, dan Marcom.

Dengan memanfaatkan dana CSR perusahaan yang berasal dari dana cleansing di reksa dana syariah dan dana CSR Panin Dana Teladan, terselenggara program CSR #BerbagiKebaikan bersama Panin AM melawan COVID-19.

Sebagai informasi, dana cleansing adalah dana dalam pengelolaan reksa dana syariah yang tidak sesuai kaidah syariah. Sumber yang paling umum adalah dari bunga dana mengendap ketika investor melakukan subscription.

Saat ini belum ada Bank Syariah yang mendapat izin sebagai bank kustodian, untuk itu reksa dana syariah masih menggunakan Bank Umum Konvensional sebagai bank kustodian. Ketika investor membeli reksa dana, dana dikumpulkan di rekening penampung, setelah itu baru dipindahkan ke rekening operasional untuk dibelikan saham syariah, sukuk atau ditempatkan di deposito bank syariah.

Proses perpindahan dari rekening penampung di Bank Konvensional ke rekening operasional biasanya memakan waktu 1 hari kerja. Untuk memaksimalkan, dana 1 hari tersebut ditempatkan di deposito on call yang memberikan bunga. Karena merupakan pendapatan non syariah, maka bunga tersebut “dimurnikan” (cleansing) ke yayasan sosial yang disetujui Dewan Pengawas Syariah.

Sumber dana cleansing juga dapat berasal dari bagian dividen perusahaan yang memiliki anak perusahaan non syariah. Sebagai contoh, ASII adalah perusahaan yang masuk ke kategori Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Namun ASII juga merupakan pemilik sebagian dari saham Bank Permata (BNLI). Jika ASII membagikan dividen, tentu ada kontribusi dari BNLI di dalamnya. Biasanya Bank Kustodian akan melakukan perhitungan dan mengeluarkan porsi dividen tersebut untuk kemudian “dimurnikan”

Reksa Dana Saham Panin Dana Teladan juga merupakan reksa dana yang sejak awal sudah dibuat memiliki tujuan sosial atau dikenal dengan nama endowment fund. Dalam peraturan OJK tidak ada kategori ini, biasanya ditetapkan sendiri oleh Manajer Investasi dan Bank Kustodian pada saat pembentukan produk.

Dalam Kontrak Investasi Kolektif (KIK) daripada Panin Dana Teladan, ditetapkan sebesar 25 bps dari Jumlah Dana Kelolaan akan disisihkan untuk disalurkan untuk kegiatan sosial. Sebelumnya fokus dari kegiatan ini adalah berkaitan dengan beasiswa pendidikan, namun karena ada kejadian COVID-19, dialihkan untuk bidang ini.

Cara Kerja Program CSR
Terdapat 2 cara bagi investor ataupun calon investor Panin AM untuk ikut berpartisipasi.
Pertama, penukaran Poin Fortuna. Ini adalah semacam reward point bagi nasabah yang bertransaksi dan mempertahankan saldonya. Nasabah dapat menukarkan saldonya menjadi donasi Sembako atau APD sesuai pilihannya.
Kedua, transaksi pembelian reksa dana. Setiap transaksi pembelian reksa dana dengan kelipatan Rp 10 juta, Panin AM akan mendonasikan senilai Rp 150.000 dalam bentuk Sembako dan APD.

Untuk lebih lengkapnya mengenai tata cara bisa membaca https://www.panin-am.co.id/donasiCOVID19.aspx

Dalam penyaluran ini, Panin AM bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) untuk penjahitan Alat Pelindung Diri khusus untuk Baju Hazmat dan Yayasan Food Cycle Indonesia untuk penyaluran Sembako.

Per 26 Mei 2020, telah terkumpul total sebesar Rp 652.740.000. Program CSR ini akan berlangsung hingga 31 Mei 2020. Dan jangan khawatir, saat ini sedang disusun program CSR tahap 2 yang akan berlangsung di bulan Juni 2020.

Untuk tahap awal, Panin AM langsung mendonasikan 1000++ paket sembako dan 1500 baju APD ke berbagai rumah sakit dan Puskesmas di Indonesia. Kemudian ditambah dengan donasi yang terkumpul, telah dilakukan lagi donasi tambahan lagi sebanyak 1000 ++ paket sembako dan 800 APD tambahan.

Untuk penyaluran Sembako dilakukan secara bertahap. 1000++ paket pertama telah disalurkan sebelum Lebaran dan 1000++ paket kedua akan dilakukan setelah Lebaran ini.

Saya terus terang sangat kagum dengan Yayasan Food Cycle karena mereka benar-benar masuk ke pemukiman penduduk dan membagikan satu per satu. Penerima juga harus menandatangani pernyataan bahwa paket yang diterima tidak bisa dijual lagi.

Untuk baju APD, untuk penyaluran tahap pertama sesuai masukan dari salah satu nasabah yang menjadi dokter, terdapat kebutuhan yang bersifat mendesak dari daerah Sidoarjo dan Surabaya yang menjadi zona merah baru.

Kemudian kami juga mengirimkan ke 5 Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Jakarta. Untuk penyaluran tahap kedua yang baru akan dilakukan setelah Lebaran ini, akan ditujukan ke Puskesmas dan Rumah Sakit di daerah Jawa Tengah dan 1 di Sulawesi.

Kami sangat berterima kasih kepada yayasan APPMI karena dalam pembuatan baju APD mereka melakukan pembelian bahan kain dari pelaku usaha UMKM dan mempekerjakan penjahit yang mungkin rezekinya sedang berkurang karena pandemi ini.

Berikut ini adalah beberapa foto-foto terkait kegiatan yang sudah dilakukan :

Ilustrasi Paket Sembako dan Baju APD

Demikian informasi ini. Melalui kesempatan ini, saya dan keluarga juga ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s