Video Tutorial : Cara Mengambil Data Seluruh Harga Saham di Website IDX

Jika anda ingin mendapatkan SELURUH harga saham dari IDX yang pada saat video ini dibuat sudah mencapai 700an dan bertambah setiap tahunnya, maka cara yang lebih praktis adalah menggunakan sumber data dari website Bursa Efek Indonesia atau IDX.

Namun data dan cara pengambilannya agak berbeda jauh dengan Yahoo Finance. Data di Yahoo Finance tersedia cukup jauh, sementara untuk data di IDX baru tersedia sejak tahun 2015 saja. Sehingga periode penelitian yang anda pergunakan, cuma bisa sampai pada periode tersebut.

Selain itu, penyajian datanya bukan satu-satu tapi sekaligus semua saham. Jadi ketika sudah diambil, perlu dirapikan dalam 1 file excel tersendiri. Untuk mempermudah, kita perlu memahami dan mempraktekkan fungsi VLOOKUP dalam MS Excel.

Untuk lebih lengkapnya silakan melihat video di atas.

10 thoughts on “Video Tutorial : Cara Mengambil Data Seluruh Harga Saham di Website IDX

  1. Selamat malam pak, saya ingin bertanya
    kalau melakukan penelitian dengan variabel y yaitu harga saham (closing price) 7 hari sebelum dan sesudah laporan keuangan audited dipublikasikan.

    pertanyaan 1
    bagaimana cara mengolah data harga sahamnya kan berarti ada 2 (harga sebelum dan sesudah) sedangkan variabel x nya contoh eps hanya 1 (tahunan).

    pertanyaan 2
    apabila penelitian dilakukan untuk periode 2017 menggunakan variabel x contoh pertumbuhan penjualan dengan rumus (sales t – sales 0): sales 0, artinya kita butuh sales 2017 dan 2016. Sedangkan tadi harga saham menggunakan harga 7 hari sebelum dan sesudah laporan keuangan audit dipublikasikan yang berarti laporan 2017 audited dipublikasikan maret/april 2018. apakah dalam perolehan data akan terjadi masalah terkait pertumbuhan penjualan dan harga sahamnya?

    terima kasih pak.

    Like

    1. maaf pak jujur saya masih belum terlalu mengerti pengolahan data karena saya blom diajarkan. tapi saya bingung tadi dosbing saya bilang menggunakan harga saham 7 hari sebelum dan sesudah laporan dipublikasikan.

      Like

      1. Mungkin maksudnya perubahan % harga 7 hari sesudah dgn sebelum. Tapi ada baiknya dikonfirmasi dgn Yg bersangkutan

        Mohon maaf juga, pertanyaan saya detail supaya yg bertanya tahu ttg penelitian apa yg mau dibuatnya

        Like

  2. maksud dari pertanyaan saya adalah apakah kalau sales growth 2017 menggunakan 2017 dan 2016 dalam perhitungannya sedangkan harga saham yang kita ambil kan 7 hari sebelum dan sesudah dipublikasikan dimana laporan 2017 nya dipublikasikan di 2018. apa tidak apa2 pak?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s