Ini Cara Berinvestasi Reksa Dana USD Tanpa Harus Punya Tabungan USD

Reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, pasar uang, terproteksi, dan syariah, rasanya sudah cukup familiar bagi investor di Indonesia. Tapi pernahkah anda berinvestasi di reksa dana USD ?

Reksa dana yang mata uangnya berdenominasi USD, ada yang berinvestasi di Indonesia, ada pula yang berinvestasi di luar negeri. Jika syarat membeli reksa dana dengan mata uang Rp adalah punya tabungan Rp, bagaimana dengan reksa dana USD? Apakah harus membuka tabungan USD juga?

Agak berbeda dengan tabungan Rp, harus diakui untuk tabungan dalam mata uang asing di Indonesia itu cukup ribet. Mulai dari biaya transfer antar bank yang sangat mahal karena uangnya itu harus dikliring di New York terlebih dahulu, potongan biaya yang banyak, hingga bunganya yang sangat kecil karena acuannya suku bunga Amerika Serikat.

Dalam pembahasan sebelumnya yaitu tentang strategi diversifikasi, USD merupakan salah satu instrumen yang ideal untuk melakukan diversifikasi karena memiliki korelasi yang negatif terhadap saham dan obligasi.

Diversifikasi bisa dilakukan dengan berinvestasi di USD ataupun membeli reksa dana yang mata uangnya USD. Saat ini Panin Asset Management memiliki 1 produk reksa dana dengan mata uang USD berjenis campuran yaitu Panin Dana USD.

Video di atas membahas cara untuk berinvestasi di Panin Dana USD untuk investor pertama kali dan investor lama, baik untuk yang sudah punya tabungan USD ataupun yang tidak punya.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s