Beda Nasib, IPO Saham Teknologi

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat merekap pergerakan harga beberapa saham teknologi yang nilainya signifikan. Ternyata sampai dengan 3 Desember, pergerakan harganya kurang begitu baik karena turun jauh di bawah harga IPOnya.

Hal ini mungkin saja menyebabkan sebagian investor merasa khawatir, kalau tahun depan IPO GoTo apakah nasibnya akan sama. Bahkan sampai ada yang ikut IPO juga jadi takut2 walaupun itu bukan perusahaan teknologi.

Seiring dengan waktu, ternyata semakin banyak saham teknologi yang IPO. Kali ini dari Brazil pada tanggal 8 Desember yang lalu. Namanya NuBank dengan Kode saham NU, dan sepertinya dual listing di Brazil dan New York Stock Exchange. Dan ternyata pergerakan harganya berbeda dengan yang sudah sudah

IPO harga USD 9 USD
Terkumpul 2.6 Bio USD – Rp 37 T
Market caps 41 Bio USD – Rp 584 T
Dihitung dengan kurs 14.250

Sedikit lebih kecil dari BBRI yg Rp 625 T, tapi lebih besar daripada GoTo yg kabarnya market caps berkisar di 25-30 Bio USD.

Sama seperti perusahaan digital lainnya, masih rugi sejak berdiri pertama kali dari 2013 Per Sept 2021 rugi 34 juta USD sekitar Rp 487 M

Ada yg “beda” di NuBank ini
Pertama, ada partisipasi Warren Buffet via Berkshire Hathaway dan ternyata mereka juga sudah mulai masuk ke start up juga selain PayTM dari India dan Snowflakes dari Amerika Serikat

Kedua, Selain partisipasi pada saat seeding capital, waktu IPO juga ternyata

Dan… Ketiga, Harganya masih naik dari harga IPO seminggu setelahnya (sampai tanggal 12 Desember 2021).

Keikutsertaan Warren Buffet ini menarik, sebab beliau selalu berdasarkan valuasi. Sementara saham teknologi, mau itu finansial ataupun sektor lainnya yang mendisrupsi pasar dengan bakar uang secara masif tidak bisa divaluasi karena masih rugi.

Ternyata dia juga bisa ikut2an dengan Sequoia Capital yang dianggap lebih ahli soal start up. Detailnya bisa baca https://www.businessinsider.com/warren-buffett-berkshire-hathaway-nubank-stock-ipo-sequoia-capital-munger-2021-12?amp

Bagaimana dengan pergerakan harga sahamnya?

Image

IPO 8 Des 2021 harga USD 9
13 Des 2021 harga USD 10.84 Naik + 20.4%
Yah, memang sempat hampir USD 12 dan turun lagi, tapi tetap berbeda dibandingkan nasib saham2 IPO digital lain

Tidak ada yang tahu kenapa NuBank bisa beda sendiri
Apakah karena Warren Buffet seeding dan beli lagi pas IPO ? Di PayTM sepertinya hanya seeding awal saja, IPO tidak ikut..
Atau tren pasar modal yang berubah?
Atau memang kecepatan utk menyimpulkan, siapa tahu besok turun ??

Investasi di start up digital yang IPO pada dasarnya lebih banyak unsur spekulasinya karena tidak bisa menggunakan metode valuasi yang konvensional

Dan ternyata hasilnya juga bisa beda-beda. Ada yg naik kemudian turun, ada yang turun2 terus ga pernah naik, ada juga yang sudah naik dan masih bertahan.

Bagaimana metode valuasinya? Ada yg bilang pakai Processing Value, Merchandise Value, bahkan sampai jumlah download / user dan rating hingga komennya.

Kalau menurut saya, kita perlu berharap agar manajemen perusahaan dapat secepatnya perusahaan menghasilkan keuntungan dan tumbuh tinggi, atau diakuisisi oleh perusahaan yang lebih besar.

Semoga yang mau IPO tahun depan bisa masuk kategori yang naik sehingga memberikan keuntungan bagi investornya.

Semua nama saham yang disebut bukan rekomendasi beli, jual atau tahan.

Semoga hari anda menyenangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s